Tuesday, June 22, 2010

Behind The Buku Rupa dan Karakter Wayang Purwa

A FRAGMENTED HISTORY OF: YANG MAHAL ADALAH NILAI, BUKAN HARGA...

Heru S Sudjarwo Jagad Wayang mau diterbitkan dengan "Mengenal 400 tokoh Wayang". Gramedia belum kontak lagi hingga kini. Pak Solihin, dimanakah engkau? Mas Sumari, apakah kita selalu menjadi spesialis kandas? Okay "Mr. Kandasman"
June 21, 2009 at 5:37pm •

Heru S Sudjarwo Hati perih teriris melihat karya adiluhung tergolek di museum. Di kotak-kotak tua yang jarang dibuka. Hati luka ketika karya mancanegara bersimaharajalela, meraung dan membabi buta, mengisi hampir seluruh rongga budaya kita. Aku cuma sedih ketika upaya memperbanyak "400 Tokoh Wayang" selalu menhadapi kendala. Teman, kawani aku. Meraung
June 25, 2009 at 3:17pm •

DAN RAUNGAN ITU TERDENGAR ....

Heru S Sudjarwo Menggigil saya ketika " 400 Tokoh Wayang" kembali diletakkan diatas meja. Terbayang 10 thn silam saat saya dan Mas Sumari mulai menyentuh lembar demi lembar buku yang sarat pesan moral itu.
Adakah lagi yang lebih membahagiakan menyongsong kelahiran sebuah buku bagi seorang penulis. Tuhan, kalo ini juga menjadi iming2mu... di hari tuaku, aku tetap merasa bahagia.....
July 30, 2009 at 5:32pm •

Heru S Sudjarwo Hari ini bukuku "400 TOKOH WAYANG" akan diabahas penjadwalan penerbitannya. Kulangkahkan kaki ke Penerbit Kaki Langit Kencana - Rawamangun. Bismillah, Di tengah hiruk pikuk BOM meledak dan statemen pemerintah, akan hadir Semar yang arif, Kresna yang cerdik, Gatotkaca yang gagah perkosa! Tetap, mohon doa seluruh teman, amin.
August 11, 2009 at 11:45am •

Heru S Sudjarwo Menjadi amat seru...ketika diskusi dengan Penerbit KAKI LANGIT KENCANA yang menginginkan 400 TOKOH WAYANG menjadi buku "Babon" pewayangan. Ada bonus CD berisi photo2 koleksi keraton SOLO secara lengkap. Selasa pukul 10.00 WIB kita racik sekali lagi diatas meja. Trus....Sowan ke SURAKARTA minta izin koleksinya kita pabliz..abiz...
August 15, 2009 at 11:22pm •

A NEW HOPE ARISING...

Heru S Sudjarwo Doa teman2 menemani saya, semoga perjalanan 10 tahun ini tak berakhir sia2.., ALLAH tuhanku berikan rahmatmu sebutir debu saja, cukup rasanya mengawal ini semua.Amin
August 16, 2009 at 12:08am •

Heru S Sudjarwo Nongkrong di AMPERA bersama para Editor KAKI LANGIT KENCANA; Syafruddin Azhar,Triwibs Kanyut, Ahmad Kasyful Anwar dan si cantik Lisa " Senja Merah" Febriyanti adalah melihat dunia berputar, menggelinjang seperti mesin waktu ke 26 tahun silam, ketika tikungan tajam pertama kulalui. Menyeruput kopi hitam layaknya membuka... lembaran buku harian yang kian kusam. Terima kasih teman, kalian telah menemani aku, MERAUNG..

Heru S Sudjarwo Proses penulisan ulang, penambahan Ilustrasi, lakon2 populer dan penyuntingan terus berlangsung siang malam...ditengah eforia SMS Berantai yang mangkin semaraxs...
September 5, 2009 at 12:06am •


Heru S Sudjarwo Wayang Kulit Purwa koleksi Kraton Surakarta di Pe (diangin2 agar tidak lembab) hanya pada bulan syawal. Kesempatan yang langka. kami menyiapkan perangkat pomotretan dan video. Ki Sumari membawa surat SENAWANGI rasanya cukup santun untuk menghadap Sinuwun. Saya menyusul pagi ini menuju Solo, sebuah kerja sungguh2 disaat orang msh dalam suasana lebaran untuk memberikan yang terbaik bagi pembaca MENGENAL TOKOH WAYANG
September 21, 2009 at 4:13am •

Lisa Febriyanti Saat ini kau sedang berjuang menyelesaikan misi penting bagi bangsa. Buku Wayang itu. Dan mestinya saat ini kami ada di sana untuk menemanimu, Kang Mas Heru......
November 19, 2009 at 1:00pm • Comment •

HERU JUGA MANUSIA, KADANG JUGA SEDIKIT JENGKEL

Heru S Sudjarwo Kenapa dulu sy bercita2 membuat BUKU WAYANG ya? Kok nggak NASI GORENG SEAFOOD aja? wah rumit bgt. Korektor di percetakan nanya: "pak yang bener Arjuna atau Permadi?". Pada hari yang lain mereka tanya lagi: " ANGGADA apa ANGGODO pak?". Kebetulan saya lagi kesel, saya jawab sekenanya: "BARESKRIM..!!"
November 30, 2009 at 3:58pm •

TETAPI PERJUANGAN TAK SIA-SIA...


Heru S Sudjarwo Sejak doa yang dipimpin Gus Adib Machrus diamini jemaat menggema keseluruh rongga NEWSEUM ART SPACE.. Buku Rupa & Karakter wayang Purwa akan menyusur keseluruh negri. merayap membawa nasibnya sendiri....MOHON RESTU

Heru S Sudjarwo Menapak pada ruang yang sebelumnya tak pernah kukenal.... ALLAH, ulurkan tanganmu, bimbing aku.

Heru S Sudjarwo Melewati 5 hari yang penuh arti ..... ALLAH, kepadamu aku bersujud....

Heru S Sudjarwo YANG LEBIH MAHAL ADALAH NILAI. BUKAN HARGA. Good Luck, Chuck Brew & The Book!! (Triwib Kanyut)

Behind The Heru S Sudjarwo

Saya tidak terlalu terkejut ketika Heni Setiawati membuat grup RUPA & KARAKTER WAYANG PURWA. Karena sejak buku dengan nama yang sama diluncurkan tanggal 21 Mei 2010, akan ada setidaknya 2000 pembaca yang merasa bahagia, merasa terpuaskan, namun bukan tidak mungkin ada yang kecewa dan tidak mendapat apa yang ia cari, tentu membutuhkan 'ruang ledak' yang positif. Namun demikian. buru-buru saya memberi catatan di Main Wall : "Membahas wayang dengan nyante, tidak muluk-muluk dan sedikit kendor. Yang udah-udah kekencengan gampang pedot". Agar upayanya ini tidak streotype dengan Grup, Blog dan berbagai situs wayang yang ada.

Sejak usia2 tahun sebelum pada akhirnya saya dan 2 teman saya menulis buku ini, sudah dijejali rupa wayang sampe 'mlokek' oleh eyang saya. Masa remaja saya juga berlalu dengan 'menggumuli' satu persatu tokoh wayang. Jadi ketika di usia menjelang senja ini saya bertemu dengan pengampu pewayangan yang 'misih' menggunakan logat yang formalistis, saya benar-benar 'termencret-mencret' dibuatnya.

Saya mengidamkan dunia wayang yang indah, yang dalam namun bersahaja. yang tinggi namun merunduk. Tidak lagi menjadi 'Jawa', Sunda, Sumatra, kalimantan Maluku atau Irian, tetapi sudah menjadi milik dunia seperti kata UNESCO: “a Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity”

Mari ngobrol soal wayang dengan 'nyante', tanpa curiga, tanpa beban yang muluk-muluk, karena wayang dengan sendirinya telah menjadi sebuah karya agung - ADILUHUNG. Milik kita semuuuuaaaaahhhhhhh!(Heru S Sudjarwo)

3 komentar:

  1. LENGKAPI DGN PENDAPAT BUDAYAWAN DAN AHLI-AHLI WAYNG TERKEMUKA DI:

    http://www.rupawayang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Buku Idaman...... Semoga bisa segera berada ditangan saya....

    ReplyDelete
  3. ni isinya wayang gagrag jogja pa solo?? top kalo ke 2 nya ada trmksh

    ReplyDelete

Contact

Related Blogs

Blog Archive

Categories

Labels

Advertise