Wednesday, December 31, 2008

Menjual Tulisan ke Luar Negeri

Oleh Darminto M Sudarmo


SUKSES materi dan (mungkin) apresiasi buku serial Harry Potter karya JK Rowling, sejujurnya cukup menerbitkan rasa “takjub” bagi pengarang lain. Apalagi bagi pengarang Indonesia. Tetapi apa yang akan terjadi seandainya pengarang Harry Potter ini orang Indonesia dan hanya menulis dalam bahasa Indonesia? Persoalannya pasti akan menjadi lain, bukan?
Parameter sukses dari kasus JK Rowling tentu saja berbeda sekali substansinya dengan sukses yang dicapai penyair wanita Amerika, Emily Dickinson (1830-1886). Berbeda juga dengan sukses penjualan buku Saman karya Ayu Utami dan Supernova karya Dewi Lestari. Mungkin juga masih berbeda bila dibandingkan dengan buku “Ayat-ayat Cinta” dan “Laskar Pelangi”.
Persoalan menarik dari kasus-kasus di atas yang ingin diangkat adalah persoalan “obyektif” yang melingkari aneka atmosfer terkait dengan “geger” atau “tidak geger”-nya buku karya pengarang ketika diluncurkan ke masyarakat pembaca. Nah, kata “geger” ini yang oleh para akademisi disebut sebagai public relations atawa lebih tegasnya, promosi, pada akhirnya bermuara pada goal yang dicanangkan oleh para penerbit mana pun di dunia, yaitu soal laku atau tidak laku buku itu di pasaran. Untung atau rugi. Dalam bahasa paling halus, apa yang dicapai JK Rowling terhadap semua buku-bukunya, terutama Harry Potter seri terakhir (5), adalah memperoleh kepuasan lahir dan batin. Respon pembaca melimpah, efek ekonomi terhadap dirinya, juga cukup menggairahkan. Dan sudah dapat diduga, bila si pengarang saja mendapatkan efek ekonomi dari karyanya begitu serius, apalagi yang diperoleh penerbit; lebih tak terkatakan lagi.
Misteri dan histeria Harry Potter itu pernah jadi bahan obrolan teman-teman komunitas penggemar buku dan ujung kesimpulan dari perdebatan yang cukup seru itu cuma sederhana, yaitu karena JK Rowling orang Inggris dan menulis dalam bahasa Inggris. Tentu saja kesimpulan ini tipikal hasil obrolan lingkup yang sangat kecil, siapa pun berhak untuk tidak setuju; faktanya, Karl May, kendati menulis dalam bahasa Jerman toh dunia juga dapat dia buat geger.
Ya. Relevansi dari tulisan ini sebenarnya sederhana saja. Menulis dalam bahasa Inggris, apakah harus dimonopoli oleh para “bule” (maaf)? Apakah para penulis/pengarang yang berkarya dalam bahasa ibunya atau dalam bahasa nasionalnya, kalau karya itu bagus dan punya spirit universal, tak mungkinkah diterjemahkan dalam bahasa Inggris untuk kemudian ditawarkan pada penerbit luar? Penerbit Inggris atau Amerika, misalnya? Di mana pun Anda tinggal, di Gunung Kidul atau di pelosok Tengger atau di lereng Gunung Tambora sekalipun, kalau Anda mampu menunjukkan karya yang terekspresi dalam bahasa Inggris, tak layakkah Anda menawarkan karya Anda kepada penerbit yang relevan?
Tentu saja kemungkinan ini bukan utopia, kalau disikapi dengan serius. Apakah pengarang Indonesia yang ingin karyanya terbit dalam bahasa Inggris atau menurut istilah para artis ibukota, go international, harus menunggu jemputan dan apresiasi Prof. Teeuw? Harry Aveling? Atau pakar sastra Indonesia asal asing lainnya, yang kesibukan sehari-hari mereka sudah sangat luar biasa? Kalau itu terjadi memang lebih bagus. Tetapi, bukankah waktu berjalan sangat cepat? Di toko buku saya pernah melihat buku kumpulan cerpen versi Kompas dipajang dan mejeng di berbagai outlet, tetapi saya segera tersenyum dalam hati sekaligus salut, ketika menjumpai judul buku dengan format dan desain sama dengan versi Kompas, bertuliskan “Kumpulan Cerpen bukan versi Kompas”. Ini mungkin isyarat kegemasan atau ketidakberdayaan, tetapi itu semua bisa disulap menjadi energi positif bahkan humoristis. Betapa fair dan elegan bila kompetisi berlangsung seperti ini.
Seperti kita semua sudah maklum, deregulasi informasi dan akses sudah terbuka demikian lebarnya, mengapa para pengarang Indonesia tidak melakukan jemput bola? Persoalan kualitatif mungkin menjadi salah satu ganjalan yang paling menggelisahkan bagi pengarang kita. Kalau upaya semacam itu datang dari diri sendiri, sepertinya terkesan adanya degradasi mutu dan etika, sehingga membuat pamornya turun; apalagi kalau karya yang ditawarkan ke penerbit asing ternyata ditolak. Alamak! Saya tak percaya, pengarang kita sekerdil itu. Soal mutu, soal nilai, soal diterima, soal ditolak, itu semua tergantung pada angin, he-he-he, pinjam judul puisi Abdulhadi WM.
Ini iseng-iseng untuk sekadar gambaran, syahdan, tersebutlah seorang penulis kolom bernama Art Buchwald. Tulisannya ekspresif dan lucu. Banyak pula yang bermuatan sindiran. Satir. Setiap kolomnya bisa dimuat di puluhan media di seluruh dunia; diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia. Itu artinya, untuk setiap media di mana tulisannya dimuat, ia mendapatkan royalti dari sindikasi yang mengontraknya. Bayangkan, satu tulisan bisa berkelana ke berbagai negeri dan penerbitan, bukankah itu “medan perang” yang sangat menggiurkan? Bagaimana kalau tiap hari minimal ia menulis satu kolom saja, berapa sebulan, berapa setahun? Kucluk-nya lagi, setelah tulisan kolomnya mencapai jumlah banyak, masih diurus lagi oleh sindikasi untuk diterbitkan dalam bentuk buku kumpulan kolom; ini benar-benar edan.
Memang edan, penulis-penulis Amerika Serikat, Inggris atau negeri maju lainnya, yang memiliki “medan tempur” sangat luas, memperoleh efek ekonomi yang juga edan-edanan dari karya yang dihasilkannya; selain perlindungan hak cipta, tentu saja. Tak aneh, bila para penulis itu bisa menggaji sekretaris, staf dan memiliki jaringan korespondensi di berbagai negeri. Jangankan ketika Amerika sudah sedemikian maju di bidang network dan software, dulu di masa Ernest Hemmingway masih hidup, penerbit novel dan ceritanya pun berani membayar royalti dengan perhitungan per-kata sekian dolar, bukan per-halaman atau per-buku. Ini edan-edanan tipikal Amerika yang lain lagi.

Medan Tempur Global
Kembali ke masalah penulisan tadi. Kalau tulisan Anda bisa dimuat di media Indonesia, mungkin imbal balik yang akan Anda terima tidak begitu edan-edanan, tapi lumayan bisa untuk beli buku atau nraktir teman. Karena itu, keterampilan mengarang atau menulis selalu disikapi sebagai hobi atau pengisi waktu senggang. Anda mungkin malu atau belum berani mendeklarasikan diri sebagai pengarang professional. Yang hidup mati Anda tergantung pada angin, eh, pada karya yang Anda hasilkan. Mengapa demikian? Karena pemahaman profesi pengarang atau penulis selalu bermuara pada pengertian penulis koran/majalah atau buku. Padahal tak kurang dari 50 profesi yang terkait dengan pekerjaan penulis: penulis iklan, pidato, program TV, ghost writer, dan banyak lagi lainnya.
Memang ada sedikit perbedaan budaya. Para redaktur penerbit luar banyak yang bervisi getol mencari penulis pemula yang segar dan fresh gagasan, sedangkan penerbitan kita lebih melirik penulis yang sudah punya nama, punya pasar dan artinya penerbit terbebas dari risiko laten, rugi finansial, meskipun ini tak selalu benar. Maka jangan heran kalau perlakuan redaktur terhadap penulis, selalu memasukkan penulis ke dalam kelas-kelas. Ada penulis yang dinilai kelas A, B, C atau bahkan D; dan itu artinya berkaitan dengan kelayakan honorarium yang bakal diterima oleh si penulis tadi. Bagi penulis pemula, sebaiknya jangan terlalu risau oleh hukum tak tertulis yang berlaku di banyak media atau penerbitan semacam ini.
Tapi, kalau Anda hanya puas menjadi penulis dalam bahasa Indonesia, apa boleh buat, begitulah “medan tempur” yang tersedia buat Anda. Sudah lahannya tidak banyak, pesaingnya, berjubel nian. Itu artinya, setiap hari, ada belasan, bahkan puluhan tulisan yang ditolak redaksi penerbitan media maupun buku. Mengapa Anda tidak berpikir untuk menjual gagasan Anda ke penerbit atau media luar negeri (berbahasa Inggris) untuk memperluas teba dan cakrawala?
Saya harap data ini masih relevan dengan situasi saat ini. Bila Anda tertarik, saya bukan mau provokasi apalagi promosi, alternatif-alternatif ini mungkin relevan dengan kebutuhan Anda. Cobalah Anda berkorespondensi dengan mereka, penerbit Amerika Serikat ini, mudah-mudahan Anda memperoleh informasi yang memadai. Untuk diketahui, data ini saya comot secara acak dari ratusan alamat penerbit yang termuat di The Writer’s Handbook 1997, 10th Anniversary Year, Editor: Barry Turner.

Boyds Mills Press
815 Church Street, Honesdale PA 18431
Tel. 001 717 253 1164 Fax. 001 717 253 0179
Publisher: Kent Brown Jr dan Editorial Director: Larry Rosier.
Penerbit ini, terutama menerbitkan cerita anak. Baik cerita fiksi,
non-fiksi maupun puisi. Rata-rata sekitar 50 judul buku pertahun.

Carol Publishing Group
600 Madison Avenue, New York NY10022
Tel. 001 212 486 2200 Fax. 001 212 486 2231
Publisher: Steven Schragis.
Penerbit ini berdiri sejak tahun 1989, menerbitkan di antaranya buku-buku
fiksi, namun paling banyak adalah non-fiksi. Seperti: biografi, autobiografi, sejarah, sains, humor, how-to, dan buku-buku self-help bergambar. Setiap tahun rata-rata meluncurkan 150 judul buku.

Carolrhoda Book, Inc.
241 First Avenue North, Minneapolis MN 55401
Tel. 001 612 332 3344 Fax. 001 612 332 7615
Editorial Director: Emily Kelley dan Submissions Editor: Rebecca Poole.
Penerbit ini terutama juga menerbitkan cerita anak, balita, biografi, sejarah, budaya-budaya di dunia, esai foto dan cerita fiksi yang berlatar belakang sejarah.

Charlesbridge Publishing
85 Main Street, Watertown MA 02172-4411
Tel. 001 617 926 0329 Fax. 001 617 926 5720
Chairman: Brent Farmer dan Managing Editor: Elena Wright.
Penerbit yang berdiri sejak 1980 ini, terutama menerbitakan materi pendidikan untuk anak-anak usia sampai dengan 12 tahun.

Dearborn Financial Publishing, Inc.
155 N. Wacker Drive, Chicago IL 60606-1719
Tel. 001 312 836 4400 Fax. 001 312 836 1021
President: Dennis Blitz, Chairman: Robert C. Kyle dan Senior Vice President: Anita A. Constant, Tim Honaker.
Terutama menerbitkan materi bidang real estate, asuransi, investasi, financial planning, securities, commodities, perbankan, pendidikan profesi, materi bisnis lainnya. Sekitar 150 judul setiap tahunnya.

Hippocrene Books, Inc.
171 Madison Avenue, New York NY 10016
Tel. 001 212 685 4371 Fax. 001 212 779 9338
President/Editorial Director: George Blagowidow.
Terutama menerbitkan materi non-fiksi dan buku-buku referensi.

Jangan lupa, cobalah juga Anda berkorespondensi dengan penerbit-penerbit Inggris berikut ini, mudah-mudahan ada yang cocok. Data ini juga saya comot secara acak dari ratusan alamat penerbit dari judul buku yang sama.

ABC-Clio Ltd
Old Clarendon Iron Works, 35a Great
Clarendon Street, Oxford OX2 6AT
Tel. 01865 311350 Fax. 01865 311358
Managing Director: Tony Sloggett dan Editorial Director: Dr. Robert G.
Neville.
Terutama menerbitkan buku-buku akademik dan referensi umum mengenai
masalah social sains dan kemanusiaan. Royalti dibayarkan setahun dua
kali.

The Athlone Press
1 Park Drive, London NW 11 7SG
Tel. 0181 458 0888 Fax. 0181 201 8115
Managing Director: Doris Southam dan Editorial Head: Brian Southam.
Terutama menerbitkan buku-buku tentang: arkeologi, arsitektur, seni, ekonomi, studi film, sejarah, kesehatan, music, filsafat, politik, keagamaan, ilmu pengetahuan/teknologi, sosiologi, zoology, isu tentang gerakan wanita atau kaum feminis. Sekitar 35 judul buku setiap tahunnya. Royalti dibayarkan setiap tahun sekali.

Reader’s Digest Association Ltd
Berkeley Square House, Berkeley Square,
London W1X 6AB
Tel. 0171 629 8144 Fax. 0171 236 5956
Managing Director: Neil McRae dan Editorial Head: Robin Hosie.
Terutama menerbitkan buku tentang pertamanan, sejarah alam semesta,
seni masa-memasak, sejarah umum, perjalanan dan sebagainya.

Supaya Anda makin plong dan tidak berprasangka aneh-aneh, berikut dikutipkan kliping “iklan” undangan dalam bahasa Inggris yang termuat di sebuah majalah asing (WittyWorld) beberapa tahun lalu, mudah-mudahan penerbit bersangkutan masih eksis sehingga komunikasi yang Anda tempuh dapat sampai sesuai yang diharapkan.

Books
New Authors
Publish your work
All subjects considered
Fiction, Non-fiction, Biography
Religious, Poetry, Children's

Authors Worldwide Invited

Write or send your manuscript to

MINERVA PRESS
2 Old Brompton Road
London, SW7 3 DQ, England

Authors

Invited to submit manuscripts to established book publisher

All subjects incl. poetry at competitive rates

* Professional and friendly advice

* Family run business since 1898

* FullBook Publishing Service

* Self Publication & Private Limited Editions

A.H.. Stockwell Ltd., Dept. 1014, Illfracombe
Devon. Ex34 8 BA Tel/Fax: +44 (0) 127 862557

UK BOOK
PUBLISHER

Invites Authors to send manuscripts for Bookplan publication,
a practical, low cost, on demand system. We are experienced in
all categories, including academic and specialized publications
to the highest standards.

MERLIN BOOKS (TM)
Braunton, Devon EX33 2EA England
Tel:+44 (01271) 816430 Fax:+44 (01271) 812117

Dianjurkan, pada saat mengirim naskah, sebaiknya dalam bentuk proposal, berisi: sinopsis atau gagasan dasar, biodata penulis dan rencana jumlah halaman, gambar/foto dan sebagainya, sebelum mengirim naskah jadi.
Berhubung nama dan alamat penerbit buku, koran atau majalah di Indonesia mudah Anda dapatkan sendiri, saya yakin Anda tidak berkeberatan mencarinya. Banyak sumber yang bisa dimintai keterangan. Salah satu hal yang perlu kita catat bersama adalah bahwa profesi menulis itu tidak sempit lahannya; sangat banyak, termasuk peluang medan tempurnya. Meskipun demikian, jangan lupa, sukses tidaknya Anda jangan lalu dikait-kaitkan dengan diri saya; yang jelas, semua itu tergantung pada angin.

Darminto M. Sudarmo, pencinta buku dan penulis.

11 komentar:

  1. "Dianjurkan, pada saat mengirim naskah, sebaiknya dalam bentuk proposal, berisi: sinopsis atau gagasan dasar, biodata penulis dan rencana jumlah halaman, gambar/foto dan sebagainya, sebelum mengirim naskah jadi."

    itu untuk penerbit luar ya pak? apakah ada email-nya saja? saya tertarik untuk menerbitkan diluar! :)

    ReplyDelete
  2. selamat pagi pak saya memiliki tulisan dimana setiap malam sebelum saya tidur selalu menulis tentang hal hal yang saya alami di setiap hari di kehidupan saya dan saya bermaksud untuk mengirimkan tulisan saya ini sediakiranya untuk di publikasikan

    ReplyDelete
  3. Menarik dan inspiratif, izin share nggih, Pak Darminto, maturnuwun

    ReplyDelete
  4. terima kasih pak informasinya, saya banyak menulis untuk buku anak-anak, kalau boleh di share bagaimana sih caranya supaya g dikadalin oleh penerbit, saya sudah bekerjasama dengan beberapa penerbit ujung-ujungnya pasti banyak dikadalin padahal sudah ada MOU-nya. mohon sarannya. Rasanya jadi putus asa padahal hasrat menulis sangat besar. sampai saat ini sudah sekitar 42 judul yang sudah diterbitkan skala nasional. mohon saran pak. saat ini saya sedang menyusun buku-buku anak dengan berbagai topik tetapi jadi takut untuk mencari penerbit di Indonesia .

    ReplyDelete
  5. Berarti tulisan kita harus pake bahasa "bule"?

    ReplyDelete
  6. pak, saya udah selesai bikin novel dengan genre fiksi fantasy. dan sekarang saya bingung apakah harus diterbitkan di dalam atau luar negri. karena ya yang kita tau kan susah banget untuk nerbitin fiksi fantasi di dalam negeri karena memang kurang peminat. tapi kalau mau nerbitkan di luar negri, saya sedikit ragu karena belum ada pengalaman sama sekali. bisa minta sarannya gak ya pak? makasih. joannea14@yahoo.com

    ReplyDelete
  7. apakah ada yang bisa membantu menjual naskah kisah inspirasi dan motivasi bagi anak? bagi yang bisa membantu silakan hubungi saya ke fb enjah takari

    ReplyDelete
  8. Apakah tulisan novelnya harus dengan bahasa inggris?

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas tulisan blognya Pak Darminto, sangat bermanfaat bagi saya. Jarang ada orang Indo yang punya pemikiran luas dan mau memberikan saran hingga sedetail ini. Sukses ya pak.. mudah mudahan banyak Pak Darminto Pak Darminto lain yang mau dan rela berbagi informasi penting buat kemajuan bangsa ini. Salam

    ReplyDelete
  10. Aku sdh menerbitkan 6 Novel di Amazon Kindle utk dijual ke 12 negara. Terbitkan disini kita yg menentukan harga sewaktu2 file bisa diedit. Dijual bisa berbentuk eBook dg Royalty 70% (potong PPh 15%), Paperback Royalty kurang dr 70% dipotong biaya cetak. Mau lihat novel2ku ketik namaku di Amazon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta nomor telepon atau alamat emailnya pak biar Bisa berbagi pengalaman... Saya sementara menulis novel bergenre Perang Napoleon di Hindia Belanda... Ini alamat e-mail saya pina.cvprimajaya@gmail.com terimakasih pak Karmani soekarto

      Delete

Contact

Related Blogs

Blog Archive

Categories

Labels

Advertise